Sabtu, 17 Agustus 2013

Indeks Korupsi Indonesia Naik, Indikasi Korupsi Bertambah

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN --Indeks tingkat korupsi di Indonesia dilaporkan naik dari peringkat 100 menjadi 118 pada 2012.Indikasinya, tindak pidana korupsi pun masih kerap terjadi.

Tingkat korupsi tersebut merupakan laporan hasil survei lembaga Transparency Internasional (TI) yang berkedudukan di Berlin, Jerman. Dari situs resmi TI, Indonesia dilaporkan mendapat nilai 32 dari 0 yang terkorup dan 100 merupakan negara terbersih. Survei tersebut dilakukan terhadap 176 negara di seluruh dunia.

Peringkat korupsi Indonesia 2012 tersebut lebih buruk dari negara Asia Tenggara lainnya. Tingkat korupsi Malaysia berada di peringkat 54 dengan nilai 49. Adapun Thailand dan Filipina menduduki peringkat negara terkorup di posisi masing-masing 88 dan 105.

Singapura menjadi negara Asia dengan tingkat korupsi paling baik. Tingkat korupsi Singapura berada di posisi 5, mengalahkan negara Asia Timur seperti Cina dan Jepang yang masing-masing menduduki peringkat 80 dan 17.

Lembaga internasional yang mengukur tingkat korupsi tersebut percaya adanya hubungan yang kuat antara kemiskinan, konflik, dengan tingkat korupsi.


Sumber :http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/12/05/mek2lb-indeks-korupsi-indonesia-naik-indikasi-korupsi-bertambah

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Analisa:
Bila kita membaca berita tersebut,itu merupakan hal sangat memprihatikan untuk negara kita.Masalah korupsi semakin hari tidak menjadi berkurang tetapi semakin bertambah banyak.Padahal negara kita sebenarnya bukan merupakan negara yang miskin,ada banyak SDA melimpah yang sayangnya tidak dapat digunakan dengan bijaksana.Banyak SDA yang jatuh/dikelola oleh pihak-pihak luar negeri sebut saja Freeport yang menguasai tambang emas Indonesia.Akhirnya negara kita yang aslinya kaya justru menjadi kekurangan,miskin,dan terlilit utang dengan negara lain.Kemiskinan inilah bisa yang memicu orang-orang Indonesia untuk melakukan korupsi.Misalnya pada saat Pemilu sang calon presiden memberikan uang pada rakyat miskin agar dirinya dipilih.Hal tersebut secara tidak langsung merupakan penyuapan/money politics yang termasuk bentuk-bentuk dari korupsi.Rakyat miskin tentu mau-mau saja menerima uang tersebut karena dalam benak mereka uang lebih penting untuk hidup meski dengan cara yang salah.

Kemudian ada hal lain yang menurut saya menjadi pemicu korupsi negara kita,hal itu tak lain adalah lemahnya penegakan hukum di Indonesia khususnya terhadap masalah-masalah korupsi.Para koruptor yang merugikan negara kurang diberi hukuman yang pantas bahkan banyak kasus-kasus korupsi yang hukumannya lebih ringan dari rakyat biasa yang mencuri sandal.Ini sangat menunjukan betapa lemahnya hukum saat berhadapan dengan koruptor.Koruptor-koruptor yang ada telah banyak bekerja sama dengan pihak-pihak pemerintah secara rahasia untuk membuat hukum  menjadi lemah.

Kedua faktor utama penyebab korupsi tersebut harus dapat segera di atasi pada tahun 2013 ini.Ada beberapa cara yang menurut saya efektif untuk dilakukan pemerintah dalam memberantas korupsi.Pemerintah harus menyelediki semua pihak-pihak dalam pemerintahan negara yang berkemungkinan terlibat kasus korupsi.Bila sudah ditemukan semua pihak tersebut harus dipecat dan diadili.Hukuman yang diberikan minimal harus pidana 30 tahun ke atas atau bahkan seumur hidup karena tindakan mereka sebenarnya yang  menghancurkan negara dan egois itu sangat tidak sebanding dengan hukuman yang diberikan.Lewat hukuman itu akan menimbulkan efek jera dan takut pada pihak lain yang ingin melakukan korupsi.

Untuk masalah kemiskinan pada rakyat biasa,pemerintah dapat memberi beberapa bantuan dengan pendidikan gratis hingga SMA,lapangan kerja yang memadai,dan bentuk bantuan lainnya.Rakyat yang miskin akan tertolong dan dapat meningkatkan taraf hidup mereka sehingga tidak akan mudah/mau melakukan korupsi.

Hal yang terpenting adalah memberi penyuluhan pada seluruh masyarakat Indonesia bahwa korupsi merupakan tindakan yang tidak jujur dan sangat dintentang oleh agama manapun.Melakukan korupsi termasuk perbuatan dosa yang menjauhkan kita dari TUHAN maupun Kerajaan Sorga.Oleh karena itu kita harus segera menyadarinya dan mengubah tindakan yang salah ini.Lewat semua cara di atas lama-kelamaan  tentu bila cara-cara ini dilaksanakan dengan efektif akan dapat mengurangi perkara korupsi yang ada di negara kitaJika masalah korupsi telah berkurang atau bahkan hilang perekonomian negara akan membaik dan turut membantu menyelesaikan permasalahan negara lainnya.


1 komentar: